Pencarian

Loading...

Belajar Delphi Gratis

Kumpulan Modul IT

Wednesday, February 8, 2012

Materi UML ( Unified Modelling Language )

Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. 


Nugroho, Bunafit (2005:17) : “UML (Unified Modeling Language) adalah proses penggambaran informasi-informasi dengan notasi-notasi baku yang telah disepakati sebelumnya”.
UML

Diagram UML terdapat 9 diagram yaitu :
  1. Diagram Kelas. Bersifat statis. Diagram ini memperlihatkan himpunan kelas-kelas, antarmuka, kolaborasi-kolaborasi, serta relasi-relasi. Diagram ini umum dijumpai pada pemodelan system berorientasi objek.
  2. Diagram Objek. Bersifat statis. Diagram ini mempelihatkan objek-objek serta relasi-relasi antar objek. Diagram objek memperlihatkan instansiasi statis dari segala sesuatu yang dijumpai pada diagram kelas.
  3. Use case diagram. Bersifat statis. Diagram ini memperlihatkan himpunan use case dan aktor-aktor (suatu jenis khusus dari kelas). Diagram ini terutama sangat penting untuk mengorganisasi dan memodelkan perilaku dari suatu sistem yang dibutuhkan.
  4. Sequence Diagram. Bersifat dinamis. Diagram urutan adalah interaksi yang menekankan pada pengiriman pesan (message) dalam suatu waktu tertentu.
  5. Colaboration Diagram. Bersifat dinamis. Diagram kolaborasi adalah diagram interaksi yang menekankan organisasi struktural dari objek-objek yang menerima serta mengirim pesan.
  6. Statechart Diagram. Bersifat dinamis. Diagram state ini memperlihatkan statestate pada system, memuat state, transisi, event, serta aktifitas. Diagram ini terutama penting untuk memperlihatkan sifat dinamis dari antarmuka, kelas, kolaborasi dan terutama penting pada pemodelan system – system yang reaktif.
  7. Activity Diagram. Bersifat dinamis. Diagram aktivitas ini adalah tipe khusus dari digram state yang memperlihatkan aliran dari suatu aktifitas ke aktifitas lainnya dalam suatu system. Diagram ini terutama penting dalam pemodelan fungsi-fungsi.
  8. Component Diagram. Bersifat statis. Diagram komponen ini memperlihatkakan organisasi serta kebergantungan system/perangkat lunak pada komponen-komponen yang telah ada sebelummnya.
  9. Diployment Diagram. Bersifat statis. Diagram ini memperlihatkan konfigurasi saat aplikasi dijalankan saat run time. Diagram ini membuat simpul-simpul (node) beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Dari sembilan jenis diagram di atas, saya memiliki materi lengkap dari empat jenis diagram UML yang sering digunakan untuk merancang sebuah sistem yaitu Use Case Diagram , Sequence Diagram , Activity Diagram , Class Diagram .

Untuk mendownload file materi UML silahkan klik di sini HERE

Semoga Bermanfaat !!!

5 comments:

eko said...

info yg bagus, jadi ingat tugas rekayasa perangkat lunak waktu kuliah..

inovasiit.blogspot.com said...

hehe, terimakasih sudah datang :)

souvenir tasbih cantik said...

hadeuuh tentang apaan diagram ya gan, otak ane ga sampai gan :)

inovasiit.blogspot.com said...

hehe , ini mirip flowchart gan :)

Anonymous said...

Thanks in support of sharing such a fastidious idea, post is nice, thats why i have
read it completely
Feel free to surf my weblog ; transfer news epl latest

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes

Privacy Policy Inovasi IT